Friday, February 26, 2016

DOKUMENTASI ADMINISTRASI SERVER BIND DAN WEBMIN

BIND9 atau Berkeley Internet Name Domain Versi 9 adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat dan mengatur DNS (Domain Name Server) pada sistem operasi Linux. Domain adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan Jaringan. Jadi, Domain Name Server jika adalah Server Yang Mengatur penamaan sekumpulan komputer atau server . Intinya Dns server adalah server yang berfungsi meubah dari nama ke ip  address, begitu juga sebaliknya dari ip address ke namaserver. Perubahan dari namaserver ke ipaddress biasanya di istilahkan dengan resolve DNS sedangkan jika perubahan dari ip address ke name server disebut reverse DNS.
Webmin ialah web based system administration. (antarmuka administrasi berbasis web). Webmin dapat melakukan administrasi terhadap sistem mulai dari setelah komputer dihidupkan sampai shLitdown komputer - itu semua dapat dilakukan oleh Webmin. Banyak administrasi service yang dapat ditangani oleh Webmin. mulai dari administrasi user sampai pengaturanWeb  server,  DNS,  Proxy,  VPN,  administrasi  daemon   sampai   cd   burn   serta firewalling. Tetapi, perlu dipahami bahwa Webmin adalah sebuah perantara konfigurasi (antarmuka) terhadap aplikasi-aplikasi yang ada pada sistem. Oleh karena itu, administrasi sistem dapat dilakukan apabila aplikasi yang diperlukan sudah terinstal. Misalnya kita ingin mengkonfigurasi Apache sebagai web server, maka sebelumnya paket apache harus sudah terinstal   dengan    benar. Webmin    hanyalah    antarmuka    yang    tujuannya mempermudah administrasi terhadap sistem , mempermudah mengubah konfigurasi atau manajemen linux yang biasanya dilakukan via konsole melalui ssh.
Berdasarkan pengamatan dari beberapa orang, salah satu setting server yang cukup membingungkan dan membuat pusing adalah setting DNS. Panduan ini akan menggunakan Webmin untuk melakukan setup DNS . Pada tugas ini , kami akan menjelaskan bagaimana instalasi bind dan webmin pada ubuntu server.
Untuk Dokumentasinya bisa di Download >>>>Klik Disini

No comments:
Write komentar

Total Pageviews